Refleksi

Ramadhan Mubarak !

Alhamdulillah bulan suci Ramadhan telah datang. Mari kita menyambutnya dengan hati penuh rasa syukur. Bagaimana tidak, bulan Ramadhan adalah bulan dengan keutamaan dan keberkahan yang tidak ada di bulan-bulan lainnya.

عنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ ».

“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Telah datang kepada kalian Ramadhan bulan penuh berkah, Allah Azza wa Jalla telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa padanya, di dalamnya dibukakan pintu-pintu langit, ditutup pintu-pintu neraka, dibelenggu pemimpin setan, dan di dalamnya Allah memiliki 1 malam yang lebih baik dari seribu bulan, siapa yang diharamkan dari kebaikannya maka sungguh dia telah-benar-benar diharamkan kebaikan”.
Hadits riwayat An Nasai, dinyatakan shahih lighairi di dalam kitab Shahih At Targhib wa At Tarhib.

Menurut al-Hafizh Ibnu Rajab, sebagian ulama mengatakan bahwa hadits ini adalah dalil akan bolehnya mengucapkan selamat antara sebagian manusia kepada yang lain berhubungan dengan datangnya bulan Ramadhan. Bagaimana mungkin seorang muslim tiidak bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan dimana didalamnya dibuka pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Maa syaa Allaah…

Sebagaimana kita ketahui, bahwa bulan Ramadhan ini adalah bulan Puasa. Bulan dimana setiap mu’min diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Tentu saja kita tidak hanya diwajibkan untuk berpuasa dengan hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja. Namun, lebih dari itu, ada suatu hikmah yang sangat mendalam maknanya yaitu meraih derajat takwa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Pada ayat tersebut, dengan jelas Allah memanggil kita orang-orang yang beriman dan mewajibkan atas kita untuk berpuasa agar kita bertakwa. Seakan-akan Allah juga mengatakan bahwa jikalau iman kita benar-benar sejati maka kita akan mengerjakan apa yang diperintahkanNya.

Disamping menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari, ada perihal yang harus kita perhatikan dan pahami. Bahwa Allah ingin kita menahan anggota badan dari bermaksiat kepada Allah, menahan mata dari melihat yang haram, menjauhkan telinga dari mendengar yang haram, menahan lisan dari mencaci dan menggunjing, dan lain sebagainya. Betapa ruginya kita jika di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kita hanya mampu menahan lapar dan haus namun tidak bisa menahan diri dari bermaksiat kepada Allah.

Sesungguhnya jika kita mau menyadari, perjumpaan dengan bulan suci Ramadhan merupakan suatu nikmat yang sangat mahal harganya. Pernahkah terpikir bahwa berapa banyak saudara kita diluar sana, atau mungkin sahabat dan orang-orang yang dekat dengan kita, yang tahun lalu berpuasa bersama kita, namun pada tahun ini sudah tidak lagi berpuasa bersama kita?

Untuk itu, marilah kita manfaatkan waktu-waktu di bulan ini untuk memperbanyak ibadah kepada Allah berupa membaca Al Quran, shalat Tarawih, sedekah, doa, dan lain sebagainya. Sungguh rugi besar mereka yang mendapati bulan Ramadhan tetapi amalannya hanya biasa saja dengan bulan-bulan lainnya. Masih menyia-nyiakan waktu dengan terlalu banyak tidur, menonton TV, dan lain-lain. Apalagi mereka yang mengisinya dengan yang haram. Na’udzubillahi min dzalik.

Akhirnya marilah kita sambut bulan Ramadhan yang ini dengan penuh kebahagian, dengan doa doa kepada Allah agar memberikan kita kekuatan dan kenikmatan dalam menjalani bulan suci ini. 🙂

Advertisements

About sanggha

Sebisa mugkin ingin berbagi dan menebar kebaikan.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter

%d bloggers like this: